ekalavya

EKALAVYA

_/l\_ ॐ साई राम

Kisah Sri Krishna membunuh Ekalavya
Banyak cerita tentang karakter Ekalavya. Yang paling umum berakhir dengan dia memotong jempolnya dengan mata anak panah dan mempersembahkan kepada Guru Dronacharya sebagai ‘guru dakshina’. Tapi ada banyak hal lain yang kita mungkin tidak menyadari, seperti fakta bahwa kematian Ekalavya di tangan Sri Krishna … mari kita menelusuri legenda nya …

Ekalavya terkenal dengan guru-bhaktinya
Ekalavya adalah karakter penting dalam Mahabharata dan juga salah satu pemanah terhebat di dunia, sebanding dengan Arjuna bahkan melebihi kemampuan Arjuna.

Ekalavya dan Dronacharya
Ekalavya ingin mendapatkan berkah dari Dronacharya, yang ingin diajarkan oleh memanah olehnya. Dronacharya adalah guru dari kedua Pandawa dan Korawa.

Hubungan Ekalavya dan Sri Krishna
Ekalavya adalah saudara sepupu Sri Krishna. Ayah Ekalavya ini, Devashrava, adalah saudara Vasudeva, yang tersesat di hutan. Dia diadopsi oleh raja pemburu, Nishada Vyatraja Hiranyadhanus.

Sri Krishna berada di balik guru dakshina
Saat menemukan keterampilan Ekalavya ini, Dronacharya menolak untuk menerima dia karena ragu-ragu sebagai bagian dari para pangeran kerajaan. Ketika Ekalavya bertanya apa yang bisa ia berikan sebagai guru dakshina, Drona meminta ibu jarinya, yang dipotong dan diberikan kepada guru.

Ekalavya, pemanah besar
Tujuan Ekalavya dalam hidup adalah untuk membuktikan kehebatannya dengan menjadi lebih terampil daripada Arjuna meskipun tidak memiliki ibu jari, sehingga sangat diperlukan dalam memanah.

Ekalavya – Yadawa dan Kuru
Tapi harga dirinya tumbuh sangat subur dan dia menyimpang dari jalan dharma untuk membuktikan kekuatannya. Dia juga merupakan ancaman terhadap Yadawa dan bangsa Kuru dan akan terbukti menjadi kekuatan teror di Hastinapura di masa depan.

Ekalavya dan Jarasanda
Ekalavya dan sekutunya, dari zaman Nishada Vyatraja Hiranyadhanus, adalah pendukung besar dari Jarasanda. Jarasanda adalah musuh Krishna, yang membuat Ekalavya jadi musuhnya juga, meskipun fakta mengatakan bahwa mereka adalah saudara sepupu.

Ekalavya dibunuh oleh Sri Krishna
Ekalavya melawan Sri Krishna dan menantangnya untuk duel. Memang, Sri Krishna menerima tantangan itu, bertempur melawan Ekalavya, dan membunuhnya, dengan demikian juga membunuh harga dirinya dan memulihkan dharma kepada dunia.

Alasan di balik kematiannya
Dalam Drona-Parva, Sri Krishna mengungkapkan bahwa ia harus membiarkan orang-orang seperti Jarasanda, Sisupala dan Ekalavya dibunuh karena mereka kemudian akan memihak Korawa dan menghalangi pemulihan kembalinya dharma.

Ekalavya sebagai Drestadyumna
Hal ini diyakini bahwa Sri Krishna memberi Ekalavya anugerah pada saat kematiannya bahwa ia akan terlahir kembali untuk membunuh Dronacharya. Dikatakan bahwa itu adalah Ekalavya yang lahir sebagai Drestadyumna dan akhirnya menewaskan Dronacharya.

Sumber: Agung Joni