Penglipuran – Desa terbersih di Indonesia

Bali sudah menjadi tujuan wisata baik lokal dan mancanegara, keindahan, keunikan, ragam adat budaya selalu menarik wisatawan untuk berlalma-lama tinggal di Bali, Kali ini kita akan membahas desa Penglipuran, desa unik bernuansa tradisonal Bali yang sangat berbeda dengan objek wisata lainya.

Tahukah kamu:

  • Desa Penglipuran telah dianugrahi kalpataru
  • Desa Penglipuran merupakan salah satu dari tiga desa terbesih di dunia
  • Ditetapkan sebagai desa wisata oleh pemerintah kab Bangli pada 1995

Dengan ketingian 700 meter di atas permukaan laut menjadikan desa penglipuran sangat sejuk cocok untuk berwisata bersama keluarga, terletak di kabupaten Bangli Bali, tepatnya 5 km dari pusat kota Bangli dan 45 jm dari pusat kota Denpasar.

Kata Penglipuran berasal dari Pengeling Pura yang memiliki makna tempat suci yang ditujukan untuk mengenang para leluhur, ternyata masyarakat yang tinggal di desa ini sangat menjun-jung tinggi amanat dari para leluhur mereka. Terbukti dari terbentuknya desa penglipuran terus menjalankan warisan leluhur ini. Ciri khas yang sangat menonjol dari desa ini adalah arsitektur bangunan tradisional di desa ini rata-rata memiliki arsitektur yang sama persis dari ujung desa ke ujung lainnya.

suasana desa Penglipuran saat hari raya Galungan

suasana desa Penglipuran saat hari raya Galungan

 

Keunikan arsitektur desa Penglipura angkul-angkul (pintu gerbang khas Bali)  dan rumahnya memiliki kemiriban denan rumah lainya

Untuk masuk ke desa Penglipuran dipungut tiket sebesar

  • Untuk Warga Lokal
    Dewasa: 15 ribu/orang
    Anak-anak: 10 ribu/orang
  • Untuk Warga Asing
    Dewasa: 30 ribu/orang
    Anak-anak: 25 ribu/orang (Harga mungkin berubah sewaktu)

Memasuki desa Penglipuran anda tidak diijinkan membawa sepeda motor atatu mobil Kendaraan anda harus anda parkirkan di sebuah lahan parkir yang disediakan cukup luas dan tidak jauh dari kawasan wisata desa penglipuran.

Pemandangan yang indah dan unik sangat cocok bila anda ingin menikmati suasana tempat wisata yang berbeda di Bali, tak lupa juga sempatkan untuk mencicipi Loloh Cem-cem khas Bangli jika berkunjung ke desa Penglipuran